online user online, kunjungan, Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

Cara Membuat Bros Flanel Bunga

Bros adalah aksesoris dekoratif yang biasa dipasang pada pakaian atau media lain sejenisnya. Gunanya untuk menambah nilai seni dari media yang dipasanginya, sesuai dengan selera si pemakai. Bros terbuat dari bahan-bahan logam seperti emas, perak, perunggu atau sejenisnya. Namun kini bahan pembuat bros sudah sangat beragam, seperti manik-manik, kayu, kristal, kaca, keramik, hingga plastik. Selain sebagai perhiasan, bros juga berfungsi sebagai pengancing pakaian, yaitu sebagai penitik dengan ukuran yang lebih besar dan lebih cantik.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara membuat bros flanel yang sederhana dan cantik. Bros flanel bisa dipasang pada pakaian atau jilbab anda agar terlihat lebih cantik dan lucu, berikut tutorialnya.

Cara Membuat Bros - Persiapan Alat dan Bahan


Alat :
  • Bros peniti besi dan Gunting
  • Pola flanel bunga
  • Lem Bening dan lem tembak
  • Jarum jahit dan jarum pentul
Bahan :
  • Kain flanel merah dan putih
  • Benang sulam hitam
  • Benang jahit hitam dan merah
  • Dakron secukupnya

Cara Membuat Bros Flanel
Gambar 1 - Persiapan Alat dan Bahan Bros Flanel Bunga, Sumber: GantunganKunciFlanel

Cara Membuat Bros - Langkah-langkah Pembuatan Bros Flanel


1. Pola Kerajinan Flanel
Setelah semua peralatan siap, langkah pertama yaitu membuat pola flanel berbentuk bunga dari kertas yang agak tebal. Kemudian, lipatlah kain berwarna merah menjadi dua tumpukan dan satukan dengan pola flanel yang telah Anda buat tadi dan patenkan dengan jarum pentul, lalu guntinglah kain sesuai dengan pola. Hasilnya adalah dua lembar flanel bunga merah sesuai pola.

Cara Membuat Bros 2
Gambar 2 - Pembuatan Flanel Bunga, Sumber : GantunganKunciFlanel

2. Ekspresi Boneka Flanel
Langkah selanjutnya adalah membuat boneka flanel lengkap dengan ekspresinya. Ambil kain putih dan buatlah lingkaran untuk membentuk wajah boneka. Ambil jarum jahit dan benang sulam hitam, buatlah mata dan bibir dengan ekspresi terserah anda (tersenyum, menangis atau lainnya sesuai keinginan Anda) dengan cara menjahitnya secara manual. Setelah selesai, tempelkan wajah boneka tadi ke flanel bunga dan rekatkan dengan lem bening, tunggu sampai lem mengering.

Cara Membuat Bros
Gambar 3 - Pembuatan Boneka dengan Ekspresi, Sumber : GantunganKunciFlanel
3. Dakron dan Tusuk Feston
Langkah selanjutnya yaitu memasukkan dakron. Namun sebelumnya jahitlah pinggiran bunga flanel menggunakan tusuk feston dan sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron. Setelah anda menjahit pinggiran bunga flanel, pastikan lubang dakron cukup leluasa, lalu masukkan dakron sedikit demi sedikit, pastikan ujung-ujung bintangnya terisi penuh. Gunakanlah alat bantu untuk memasukkan dakron, tusuk sate atau sumpit, dan sesuaikan banyaknya dakron dengan bentuknya. Setelah itu, tutup lubang dakron menggunakan tusuk feston. Sampai di sini Boneka flanel bunga Anda sudah jadi.


Cara Membuat Bros 4
Gambar 4 - Pemasangan Dakron, Sumber : GantunganKunciFlanel

4. Pemasangan Bros pada Kain Flanel
Sekarang sudah sampai pada pemasangan bros. Siapkan lem tembak dan bros peniti, kemudian lumuri bagian tengah pada permukaan belakang boneka flanel bunga dengan lem tembak (sedikit saja) lalu tempelkan bros penitik besi dan tahan beberapa saat, biarkan sampai lem mengering.
Sampai di sini Bros Flanel Bunga Anda sudah jadi.

Cara Membuat Bros 5
Gambar 5 - Pemsangan Bros, Sumber : GantunganKunciFlanel

5. Kemasan Kerajinan Flanel
Jika Anda hendak mengemasnya, Anda tinggal memasukkan Bros Bunga Flanel Anda ke dalam kemasan yang sudah Anda sediakan sebelumnya.

Cara Membuat Bros
Gambar 6 - Pengemasan Bros Flanel, Sumber : GantunganKunciFlanel

Referensi:
komentar
0 komentar

0 Komentar :

Posting Komentar